6 Tips Penting menjaga Batere Laptop agar tetap Awet

6 Tips Penting menjaga Batere Laptop agar tetap Awet. Batere merupakan salah satu komponen yang harus dijaga dalam penggunaan Laptop. Penggunaan Batere yang tidak tepat bisa menyebabkan batere cepat habis.

6 Tips Penting menjaga Batere Laptop agar tetap Awet
Ilustrasi. Photo :Techno.Okezone

Berikut ini adalah 6 Tips Penting menjaga Batere Laptop agar tetap Awet :

1. Gunakan Charger Original

Usahakan menggunakan Charger Original yang bawaan pabrik Laptop tersebut. Biasanya kalau menggunakan Charger yang bukan original, arus listrik yang dihasilkan cenderung tidak stabil.

2. Jaga Suhu Laptop

Jika Kondisi Batere Laptop dibiarkan terlalu panas atau terlalu dingin akan menyebabkan penurunan performa pada Batere tersebut. Karena itu Suhu Laptop perlu dijaga agar Batere menjadi Lebih Awet. Pastikan Laptop dalam keadaan bersih dari debu sehingga tidak mengganggu kinerja dari fan didalam laptop.

Gunakan Laptop pada tempat yang bersih dan rata dengan sirkulasi udara yang baik. Jika Laptop digunakan dalam waktu lama, menggunakan Cooling Pad juga bisa membantu menstabilkan suhu. Dengan Cooling Pad bisa membantu mengurangi kerja Kipas Pendingin yang ada didalam Laptop.

3. Tutup Aplikasi yang tidak terpakai

Kadang-kadang kita membiarkan banyak aplikasi terbuka walaupun sedang tidak dipakai. Hal ini juga bisa menyedot penggunaan batere karena menggunakan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan bisa menyebabkan Batere lebih banyak bekerja. Sehingga kita perlu segera menututup aplikasi ketika sudah tidak dipakai lagi supaya batere tidak cepat terkuras.

4. Charge Laptop dalam keadaan Mati

Saat sedang mengisi daya usahakan Laptop tidak sedang dalam keadaan menyala. Hal ini dilakukan agar Pengisian bisa menjadi lebih Optimal dan Laptop tidak kelebihan beban.

5. Charge Sampai Penuh

Charge Batere laptop sampai penuh. Kondisi Batere yang penuh bisa dilihat dari lampu indikator pada laptop. Ketika Batere Sudah terisi Full 100% segera cabut Charger Laptop. Cara ini akan membuat Batere lebih tahan lama.

Jangan sampai lupa mencabut Charger ketika Batere sudah full. Maka dari itu sebisa mungkin hindarilah saat melakukan Pengisian daya lalu ditinggal pergi atau tidur.

6. Jangan Biarkan Daya Batere Laptop Habis

Jangan Biarkan daya Batere Laptop menunjukkan angka 0%. Saat Laptop sedang menyala dan bekerja lalu mati tiba-tiba, hal tersebut bisa membuat Batere cepat rusak. Segera lakukan pengisian daya saat Laptop belum mati dan masih menyisakan sedikit daya.

 

Baca Juga :

Handphone baru Xiaomi Redmi S2 Indonesia

Kapan Saatnya mengganti Batere Handphone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *